Rabu, 05 Juni 2013

Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak atau Error

Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak atau Error yang dibahas oleh blog Belajar Komputer dan Laptop. Sebelunya saya juga membahas tentang media penyimpanan lain yaitu flashdisk yang memiliki kerusakan hampir sama dengan media Memori Card. Alat elektronik memang sering sekali mengalami kerusakan karena penggunaan yang terlalu lama maupun cara penggunaan yang kurang tepat.
Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak atau Error
Memory Card

Memori Card merupakan media penyimpanan yang sering sekali dugunakan pada perangkat gadget yaitu tablet, kamera maupun ponsel. Penyebab kerusakan karena sering keluar masuk dari perangkat gadget tersebut atau juga pada komputer. Kadang ada yang sering lupa melakukan eject sehingga hal itu juga dapat mengakitabkan kerusakan. Kerusakan yang sering terjadi yaitu memori card tidak dapat terbaca. Hal itu bisa menyebaban pemilik merasa panik.

Jika diantara sobat ada yang memiliki permasalahan yang sama, maka disinilah penyelesaiannya. Cara yang pertama yaitu tidak menghilankan data anda jika berhasil namun jika sudah melakukan cara ini namun belum berhasil, anda bisa melakukan langkah selanjutnya yaitu memformat. Berikut ini adalah cara memperbaiki memori card yang rusak atau error:

Cara 1 (pertama):
1. masukkan memori card ke dalam card reader dan kemudian hubungkan dengan PC / Laptop.
2. Buka Explorer dan disana akan muncul Removable dari memori card.
3. Klik kanan pada Drive tersebut dan pilih Properties.
4. Klik Tools kemudian pilih "Check Now".
5. Centang  automatically check sistem for error dan scan for and attempt recovery of bad setor kemudian klik Start
Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak atau Error
 6. Selesai

Sekarang silahkan coba masukkan card reader anda ke dalam perangkat gadget seperti HP, kamera maupun tablet. Jika sudah bisa terdeteksi dengan baik maka dipastikan sudah berhasil memperbaikinya. Namun jika masih belum bisa terdeteksi, silahkan format dengan melakukan cara sebagari berikut.

Cara 2 (kedua):
1. masukkan memori card ke dalam card reader dan hubungkan dengan PC/laptop.
2. Buka Explorer dan disana akan terlihat drive dari Memori Card
3. Klik kanan kemudian pilih Format
4. Pada saat memformat silahkan pilih type FAT dan tunggu hingga proses selesai.
Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak atau Error

Jika tahap ini sudah selesai, silahkan hubungkan kembali memroi card anda pada perangkat gadget. Jika sudah terdeteksi dengan baik maka dipastikan memori card sudah bisa digunakan sebagai mana mestinya. Itulah tadi beberapa cara memperbaiki memori card yang rusan atau error. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar